Coba-Coba.com- Tingkat
pengguna internet yang semakin besar di kalangan masyarakat mendorong para
pelaku usaha untuk mulai gencar memasarkan produk maupun jasa mereka melalui
media online. Berbagai macam strategi promosi yang
semula dijalankan secara offline, kini mulai diinovasikan dengan
memanfaatkan internet seperti promosi iklan, sales promotion, public
relation, direct marketing, serta personal selling. Nah, untuk
mengetahui strategi apa saja yang bisa dilakukan melalui promosi online,
berikut kami informasikan tips dan trik promosi online
yang bisa kamu coba dari sekarang.
1. Promosi
Iklan
Bila
biasanya pelaku usaha melakukan promosi iklan dengan memanfaatkan space atau
ruang promosi di televisi, radio, surat kabar, dan majalah, maka lain halnya
dengan promosi bisnis di media online yang pelaku usahanya cenderung melakukan
promosi iklan dengan bertukar link ke situs-situs lainnya yang masih
bersangkutan dengan topik bisnis yang sedang dijalankan. Atau kamu bisa juga memasang iklan di blog/website dengan traffic yang lumayan
.
2. Sales
Promotion
Untuk
meningkatkan promosi penjualan, biasanya para pelaku bisnis online lebih senang
memberikan kebermanfaatan bagi para konsumennya. Bahkan tak jarang mereka
membagikan brosur online gratis bagi para konsumennya, memberikan jaringan discount
bagi para pelanggan setia, serta menyediakan berbagai macam bonus dan hadiah
untuk membangun loyalitas para konsumen.
3. Public
Relation
Strategi
promosi yang ketiga yaitu memanfaatkan ilmu dan kemampuan di bidang public
relation untuk melakukan pendekatan pada konsumen. Misalnya saja melengkapi
website (jika anda mempunyai website) kamu dengan daftar FAQ (Frequently Asking Questions) untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan para konsumen, membuat
press release, mencantumkan galeri foto, serta memberikan layanan download
aplikasi gratis untuk menarik minat para pelanggan.
4. Direct
Marketing
Strategi
promosi online melalui direct marketing akan mempermudah calon konsumen
untuk berinteraksi dengan para pelaku usaha. Karenanya, jangan pernah lupa
untuk mencantumkan alamat perusahaan / kontak person serta contact person yang dapat dihubungi,
alamat email, kolom komentar, site map, pilihan bahasa, serta agenda kegiatan
yang akan diadakan, agar konsumen bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan
juga jelas.
5. Personal
Selling
Promosi
personal selling lebih menekankan pada penyediaan fasilitas online untuk
mempermudah transaksi pemesanan maupun pembayaran, misalnya saja seperti shopping
cart untuk melakukan pembelian secara online, booking online untuk
memesanan produk maupun jasa melalui internet, paypal untuk melakukan
pembayaran online, dan lain sebagainya.
Dengan
bantuan internet, diharapkan para pelaku usaha bisa mempromosikan produk
unggulannya hingga mancanegara dengan biaya yang sangat terjangkau. Jadi, bagi
para pemula yang sedang bingung memasarkan produk unggulannya, tidak ada
salahnya bila mulai sekarang kamu mencoba mempromosikannya melalui dunia maya.
Ciptakan peluang baru untuk meningkatkan omset penjualan kamu, sukses ya ! :)